MENGENAL CARA KERJA DAN KARAKTERISTIK THERMISTOR

Contoh thermistor NTC

THERMISTOR

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wbarakaatuh........

Alhamdulillahi robbil 'alamin, segala puji bagi Allah, Rob semesta alam yang masih memberikan kita kesempatan untuk senantiasa memperbaiki diri dan menjadi insan yang bertakwa..Aamiin...

Pada  postingan yang lalu kita telah membahas mengenai resistor, kini kita akan membahas beberapa jenis dari resistor, yaitu tentang thermistor  Salah satu contoh resistor adalah thermistor  Resistor ini resistansinya (nilai tahanannya) berubah seiring berubahnya temperatur lingkungan. ada dua jenis thermistor; negatif temperature coefficient (NTC) dan positif temperature coefficient (PTC). Resistansi NTC mengecil ketika temperatur lingkungan meningkat. Akibatnya arus listrik yang mengalir pada rangkaian menjadi semakin besar. Resistansi PTC meningkat ketika temperatur ruangan meningkat. Pada kenyataannya thermistor didesain sedemikian rupa sehingga perubahan temperatur mengubah resistansi secara teratur (Budiharto, 2005:30).

Sebuah thermistor  dibuat dari bahan semikonduktor. Komponen ini dapat dibuat dalam bentuk piringan, batangan atau butiran. Thermistor butiran memiliki ukuran diameter yang hanya beberapa milimeter. Pada beberapa thermistor butiran, butir semikonduktornya dibungkus oleh sebuah kapsul kaca.

Karena ukurannya yang sangat kecil, thermistor butiran dapat memberikan reksi yang sangat cepat terhadap perubahan suhu. Thermistor memiliki dua buah kaki terminal. Thermistor digunakan di dalam rangkaian-rangkaian pengukur suhu atau yang memberikan tanggapan-tanggapan tertentu terhadap perubahan suhu. Komponen ini juga dapat digunakan di dalam rangkaian-rangkaian yang akan mengalami gangguan, atau bahkan kerusakan akibat perubahan suhu. Thermistor secara otomatis akan bekerja untuk menetralkan efek perubahan suhu (Bishop, 2004:66).

Kegunaan thermistor sebagai sensor suhu penggerak kipas pada komputer, termometer listrik, setrika listrik (sebagian memakai bimetal) dan AC. Serta bisa juga untuk pendeteksi kebakaran.


Sekian dulu ya sobat mengenai thermistor, semoga memberikan pemahaman meskipun sedikit. Yang butuh daftar pustakanya, ini saya lampirkan.


Sekian dari saya mengenai thermistor yang begitu singkat, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarokaatuh....


Daftar Pustaka

Bishop, Owen.2004.Dasar-Dasar Elektronika.Jakarta: Erlangga.

Budiharto, Widodo dan Firmansyah, Sigit.2005.Elektronika Digital Dan Mikroprosesor. Yogyakarta:                Penerbit ANDI

No comments for "MENGENAL CARA KERJA DAN KARAKTERISTIK THERMISTOR"